M.U

Selasa, 8 Januari 2013

Keegoisanku


Keegoisanku
Oleh : Ambar Sari

Berawal dari kesedihan didalam hidupku ..
     Aku merasa hidup temantemanku penuh dengan  kebahagiaan . Berbeda dengan apa yang ada pada diriku , yang merasakan hampa , hal ini bukan berarti aku tidak mencoba untuk mencari pujaan hatiku pula seperti mereka , hanya saja aku belum menemukan seseorang cewe yang dapat menyentuh hatiku , Padahal ada sebagaian dari mereka (teman-teman cewe ) yang berusaha mendekatiku namun aku masih merasa tak nyaman dan takut untuk menjalin suatu hubungan & aku lebih nyaman dengan menganggap mereka hanya sebagai teman biasa saja .
     Apalagi di rumah pun aku selalu bertemu dengan suasana yang tak jauh dari kesendirian , hingga aku merasakan kesepian dan sejak itu aku ingin mempunyai cewe yang dapat menerima aku dengan tulus dan penuh kasih sayang , yang kelak dapat mengisi hati aku dan dapat menghindari aku dari semua rasa kesendirian aku saat ini . Tetapi aku yakin , suatu saat nanti aku pasti dapat menemukan pujaan hatiku .

     Memasuki dunia SMA , disini lah aku bertemu dengan seorang wanita yang pintar , baik , dan selalu menghargai seseorang , sebut saja namanya Bunga . Pada awalnya aku ragu untuk mendekatinya tapi aku tetap berusaha untuk mengenal Bunga lebih dekat . Semakin lama aku mengenalnya , semakin dekat pula tekad aku untuk mengutarakan isi hati aku ini pada dia . Dan ternyata dia pun mempunyai perasaan yang sama , semua itu terlihat dari sikapnya terhadap ku , & akhirnya saat itu juga aku utarakan isi hatiku, hingga pada akhirnya cintaku pun diterima olehnya , sungguh senang hati aku bisa mendapatkan seorang wanita seperti Bunga .
     Tapi ternyata tidak semudah apa yang aku bayangkan , aku kira dia menerima ku karena perasaan sayang seperti apa yang aku rasakan , tetapi justru semua itu kosong , setelah aku tau cintanya masih untuk mantannya , yang hadir terlebih dahulu sebelum dia mengenalku .
    Aku bingung apa yang harus aku lakukan disaat aku telah menemukan seorang cewe yang aku sayangi tapi ternyata cintanya bukan untukku !!
     Tapi entah kenapa aku yakin aku bisa menggantikan posisi mantannya itu di hati dia ,  meskipun tiap saat , tiap menit bahkan setiap detik , yang dia bicarakan hanya mantan mantan dan mantannya lalu … aku tetap berusaha sabar .
Hingga beberapa bulan kemudian …
     Segala usaha telah aku lakukan untuk mendapatkan cintanya , meskipun dia telah menjadi pacarku tapi apa artinya “ jika perasaan nya masih untuk orang lain” ?
Tapi hasilnya ngga ada , dia masih saja tetap mencintai mantanya , aku ngga tau kenapa dulu dia bisa  menerima cinta ku kalau ternyata dia tidak mencintai ku ???!!!!! atau aku hanya sebagai pelampiasan untuknya bahkan boneka yang dijadikan tempat curhat tentang perasaannya itu ??
     Dia ngga pernah tau sakitnya perasaan aku , ketika aku mendengarkan semua curhatan perasaannya itu terhadap mantannya .
     Yaallah baru kali ini aku mencintai seorang wanita , tapi kenapa dia begitu tuli untuk mendengar kata cinta ini ??kehadiran ku benar-benar ngga ada arti untuknya !!!
     Tapi aku tetap bersabar dan berusaha karena aku yakin aku pasti bisa mendapatkan cintanya . Karena aku telah terlanjur sayang kepada nya .
     Beberapa minggu kemudian aku mendengar bahwa mantanya mulai mendekatinya kembali , hampir tiap hari bahkan tiap jam dia menanyakan kabar Bunga , saat itu juga perasaan ku resah dan bingung apa lagi yang mesti aku lakukan , aku nggak mau Bunga kembali kepada mantanya , karena aku gak mau orang yang aku sayangi di rebut oleh orang lain…aku takut kehilangan dia…!!
     Akhirnya Bungapun berkata jujur kepadaku kalau ternyata mantannya berusaha mendekatinya lagi , perasaan dia semakin bingung , di satu sisi dia masih amat menyayanggi mantanya tapi dia gak tega kalau harus meninggalkan aku ”. Saat itu aku benar2 merasa menjadi pemisah diantara mereka , akupun merasakan kesedihan yang     mendalam dihati Bunga , ingin rasanya aku pergi dan membiarkan dia kembali bersama mantanya , tapi aku tetap gak bisa , aku benar-benar menyayanggi dia tanpa memikirkan perasaan Bunga sedikit pun , sungguh terlalu egoisnya aku !!!!
     Sekarang aku bingung dengan apa yang mesti aku lakukan !! sulit sekali buatku untuk mengalah dan melepaskan Bunga untuk dia meskipun aku tau Bunga mungkin ingin sekali kembali kepada mantanya ! aku gak bisa … karena aku terlanjur menyayangi Bunga .
 Beberapa bulan kemudian ..
     Aku memutuskan untuk bertanya kepada Bunga akan perasaan yang sesungguhnya kepadaku , biarlah apapun itu jawabannya aku coba untuk terima karena pada kenyataannya aku harus bisa melepaskannya agar Bunga bisa bahagia bersama cowok yang Bunga inginkan meskipun itu bukan diriku , aku harus bisa menerimanya .
     “Bunga, sebelumnya maafkan aku , aku bertanya hal ini yang mungkin membuat kamu bingung mendengarnya ….”Tanya ku pada Bunga ”.
     “iya gapapa ,mau Tanya apa “jawab Bunga # dengan rasa penasaran.
     “aku mohon kamu jujur yaa , sebenarnya sampai saat ini perasaan kamu terhadapku seperti apa ??” Tanya aku kembali kepada Bunga .

“ Hah …??? kamu kok gitu ngomongnya !! apa kamu masih ragu dengan perasaanku selama ini ? kenapa kamu nanya seperti ini , apa maksudnya , aku beneran nggak ngerti  ?” tegas Bunga menjawabnya dengan wajah bingung dan kesal.
“ maaf… sekali lagi maaf atas pertanyaan ku ini , aku hanya ingin mendengar kata isi hatimu yang sesungguhnya , aku hanya takut kalau ternyata hal yang selama ini aku takutkan yaitu kehilangan cinta kamu Bunga . Sungguh aku benar-benar takut akan hal itu , aku sangat menyayanggi kamu Bunga bahkan melebihi diriku sendiri ”jawab ku # dengan nada sedih sambil menatap & menggenggam tangan bunga .
“aku ngerti dengan apa yang kamu pikirkan,tapi yang perlu kamu tau sampai saat ini masih bersama kamu itu karena aku menyayanggi kamu bukan karena rasa yang lain seperti apa yang kamu pikirkan , aku tau alasan kamu bertanya seperti ini..!! tapi sungguh aku menyayanggi kamu dan gak pernah punya maksud untuk membohongi perasaan kamu atau pun perasaan ku sendiri “ jawab Bunga # dengan nada menyemangatkan ku ..
“Terima kasih Bunga , aku lega mendengarnya sekarang aku yakin bahwa kamu benar-benar menyayanggiku seperti apa yang kamu katakan tadi ” ucap ku kepada Bunga # sambil memeluk Bunga.
     Ya allah aku sangat menyayangginya tapi aku tak ingin membuatnya bersedih hanya karena tak tega berkata jujur padaku,biarlah aku terima tapi aku mohon jika memang Bunga adalah jodoh ku maka dekatkanlah , tapi jika tidak maka ikhlaskanlah hatiku melepaskannya bersama orang yang dia cintai…”ucap ku dalam hati”.
     Esok harinya entah kenapa Bunga bersikap murung seolah-olah ada sesuatu yang dia sembunyikan dariku , tapi aku coba untuk menanyakannya.
      Dan akhirnya Bungapun cerita bahwa mantannya kini sedang dirawat dirumah sakit dia terkena kanker otak dan kemarin orang tua dari mantannya itu datang kerumah untuk memintanya menjengguknya ..
     Saat itu akupun merasakan kesedihan dan kegelisahan yang kini dialami Bunga disaat situasi ini pasti ia ingin berada disamping mantannya itu , maka saat itu juga aku langsung mengajak nisa menjengguk mantannya .
     Beberapa menit kemudian , kami pun sampai dirumah sakit dan langsung menuju ruang rawatnya . bunga langsung berdiri disamping mantanya diiringi aku didekatnya , saat itu juga aku melihat mantannya terbujur lemas dan pucat , sungguh aku tak tega melihatnya hingga Bungapun tak sanggup menahan air matanya.
“Bunga .. akhirnya kamu mau datang juga menemuiku ”ucap mantannya itu.
     Dan tiba-tiba mantannya itu langsung memegang tangannya Bunga dan berkata”Bunga , aku masih sangat menyayanggi mu dan aku nggak bisa untuk merelakan atau menghilangkan rasa sayang ini untukmu . sungguh aku nggak bisa !!! aku sayang kamu bunga, aku gak peduli dengan siapapun yang ada didekat kamu . termasuk dia ! (sambil melirik diriku) aku nggak peduli itu semuaaa …!!! Dan aku yakin kamu pun  juga sebaliknya , kita bisa seperti dulu lagi Bunga (Dengan semangat nya dia mengajak Bunga untuk bisa kembali lagi ). kamu mau kan ???? mauu kannn Bungaa??? ucap nya kembali # dengan nada ajakan semangatnya .
Saat itu juga aku nggak kuat menahan rasa amarah ku kepadanya , ingin sekali aku membunuhnya dengan ucapannya itu “ ucap ku dengan nada kesal dalam hati.
     Dengan kesalnya , aku langsung lari meninggalkan ruangan itu ,  sambil menahan amarahku .
     Bungapun akhirnya meninggalkan mantannya itu diruangan tersebut untuk mengejar aku , & tiba-tiba dengan pikiranku yang tak terkendali aku pun tak menyadari lingkungan disekitarku .. bruk .. gubrak !!!!!
“Akhhhhhh ………tidakkk ….” Teriak Bunga dengan histeris
     Dan akhirnya aku langsung dilarikan di ruang UGD dan Bunga pun terus menanggis disampingku …..dan iia segera menghubungi keluargaku untuk mengabarkan bahwa aku kini sedang dalam keadaan kritis akibat kecelakaan itu..
     Beberapa jam kemudian keluargaku pun akhirnya datang dan Bunga langsung menjelaskan kejadian itu . Dan tiba-tiba dokter yang mengobatiku keluar dan langsung memberitahu bahwa aku kekurangan darah , dan kebetulan golongan darah ku adalah A, Bunga dan keluarga ku tampak bingung karna kebetulan darah yang sama oleh ku hanya almarhum ibuku (yang telah meninggal sejak aku masih duduk di bangku SMP) sedangkan yang lainnya berbeda.
Keluarga ku pun akhirnya terpaksa meninggalkan ku untuk mencari golongan darah tersebut & aku hanya ditemani oleh Bunga .
     Esok harinya tiba-tiba dokter yang menangani ku datang dan mengabarkan bahwa darah untuk golongan ku itu sudah didapatkan, Bunga pun terkejut dan bertanya “maav dok , bukan kah kemarin dokter sendiri yang bilang bahwa persediaan darah golongan A itu telah habis ???” ucap Bunga # dengan rasa herannya.
     “iya benar, kebetulan pagi ini ada seseorang pemuda yang berbesar hati untuk mendonorkan darahnya untuk teman kamu itu nak ” jawab dokter.
      “apaaa,,kalau boleh tau siapa dia dok ? “ Tanya Bunga # dengan nada ingin taunya.
     “maaf , sayapun kurang tau siapa pemuda itu,yang jelas dia sendiri yang datang dan memaksa agar darahnya bisa didonorkan buat teman kamu itu ” jawab dokter #dengan tegas.
     “oh gitu .. iya makasih dok” ucap Bunga # dengan nada yang masih penasaran.
     Dan tiba-tiba keluarganya pun datang  dan mengabarkan langsung kepada Bunga bahwa mereka tidak mendapakan golongan darah tersebut . Bunga pun langsung menjelaskan tentang darah yang telah didapatkan tersebut seperti yang diberitahu oleh dokter tadi.
      Beberapa hari kemudian, kondisi ku dinyatakan agak membaik , aku senang sekali karena Bunga begitu sabar dan perhatian merawatku . seketika aku teringat lagi oleh mantannya Bunga & aku langsung menanyakan kepada Bunga tentang keadaan mantannya itu .
“ Entah aku juga nggak tau kondisi dia sekarang , terakhir aku meninggalkannya waktu kamu pergi dari ruangan itu” ucap Bunga #dengan tegas.
“sudahlah , jangan mengingat dia lagi . Dia hanya masa laluku & yang lebih penting sekarang adalah kamu harus cepet sembuh biar kita bisa jalan-jalan lagi yaaa” ucap Bunga sambil tersenyum menahan rasa tanggisnya.
“terima kasih Bunga ,aku sayang kamu” jawab ku kepada Bunga.
      Siangnya Bunga meminta izin kepadaku untuk pergi membeli makanan ringan (snack).
      Tiba-tiba ,ada seorang suster masuk dan menitipkan sebuah surat kepadaku untuk Bunga , suster itu pun segera pergi meningalkanku.
     Karena rasa penasaran ku terhadap isi surat itu , akhirnya akupun meberanikan diri untuk membaca terlebih dahulu sebelum Bunga datang .



Isi suratnya pun berupa :
“Bunga, aku memang sayang sama kamu melebihi diri aku sendiri ,entah lah padahal telahku coba untuk mencintai wanita lain tapi sungguh aku tetap ngga bisa , mungkin hati ini yang terlalu begitu ingin bersama kamu hingga aku sulit untuk melepaskan dan merelakan cinta kamu bersama cowo lain , tapi kini aku sadar semua itu nggak akan bisa kembali lagi kepada ku , cinta mu … ternyata bukan untuk aku lagi ,
& saat ini pula aku telah merelakan perasaan aku ini , tolong sampaikan kata maaf aku kepada “dia” & semoga dengan darahku yang mengalir ditubuhnya itu bisa membawaku selalu ada didekatmu.
Maafkan aku yang nggak bisa lagi menjaga mu dan menemani mu,..
Semoga bahagia ..^^
     Dan tiba-tiba Bunga datang dan melihat aku sedang membaca surat itu , aku pun langsung memberikannya kepada Bunga …& dia pun segera membacanya hingga Bungapun tak sanggup menahan air matanya …
     Akhirnya dia keluar dan langsung berlari ketempat ruang rawat mantannya itu ..
     Dan ternyata ruangan itu telah kosong , dia pun langsung bertanya kepada suster yang sedang lewat ….
     “maaf suster, pasien yang tadi dirawat dikamar ini kemana ya “ Tanya Bunga sambil terus menanggis.
     “maaf mbak , pasien yang dirawat dikamar ini baru saja meninggal dan jenazahnya sudah dibawa kelurganya untuk segera dikuburkan”.
     “apa suster ..???? inalilahiwainalilahi rajiun …….”ucap Bunga dengan tangisnya.
     Akhirnya dia pun segera kembali keruangan rawat aku dan segera mengabarkan berita tersebut , Bunga pun meminta ijin untuk datang ketempat penguburan mantannya itu …
     Aku pun membiarkan Bunga pergi kesana ‘
     Setelah beberapa jam kemudian akhirnya Bunga kembali , dan aku berusaha untuk menghiburnya agar dia bisa menghilangakan rasa sedihnya itu .
     Keesokannya aku sudah dibolehkan pulang oleh dokter .
      Dan aku berjanji kepada diriku sendiri kalau aku nggak akan pernah membiarkan Bunga kesepian lagi .
Hingga akhirnya Bunga pun bisa tertawa kembali…



Tiada ulasan:

Catat Ulasan